Masa Depan yang Lebih Baik (Lunas Hutang)

Masa Depan yang Lebih Baik


Karena lain sesuatu hal, aku pernah terjebak hutang berat. Hutang berat maksudku adalah jenis hutang yang ga tau mau bayarnya pakai sumber pendapatan dari mana. Maksudnya kapasitasku waktu itu tidak cukup mampu untuk melunasinya.

Berjalan dengan waktu dengan berbagai cara kucoba membereskan beban itu, dan karena belum punya ilmunya, ya angka hutang tersebut ga bergeser juga. Masih besar.

Beberapa waktu kemudian, aku berguru kepada beberapa orang yang pernah mengalami masalah uang sama namun sudah berhasil mengatasinya.

Walau tidak sesederhana penyampaian dari guru-guruku itu pada saat pelaksanaannya, akhirnya beban itu berkurang juga.

Kali ini aku ingin berbagi beberapa solusi praktis. Aku tidak bilang ini mudah dijalani, namun ini bisa dijalani walau berat. Berat bagi anda yang punya rasa tidak enakan sama orang lain.

Solusi 1

Jangan anggap hutang sebagai beban, namun anggap sebagai amanah. Amanah uang harus anda kerjakan.

Solusi 2

Bagi utang besar menjadi bagian-bagian kecil. Misal utang 100juta sebagai utang 1juta dibayar 100x

Solusi 3

Jangan pernah janjikan debt collector untuk anda akan bayar kapan, karena pada hari H yang anda janjikan anda akan dikejar lagi. Sampaikan saja akan dibayar saat ada uang

Solusi 4

Cari teman-teman anda yang kaya raya, jangan berhutang sama mereka, tapi mintalah pekerjaan senilai pelunasan hutang anda. 

Solusi 5

Berdoalah untuk semua orang, bukan hanya untuk anda sendiri. Misal: ya Rabb, tolong lunasi hutang orang-orang yang berhutang.

Solusi 6

Jika melakukan afirmasi untuk income yang lebih besar, maka afirmasilah dengan nominal yang pernah anda dapatkan. Misal anda belum pernah dapat uang 20juta, jangan langsung afirmasi dapat uang 20juta, tapi afirmasi start dari uang yang pernah anda dapat, misal: saya dapat uang 10juta 2x sebulan. 

Dan masih ada beberapa ide-ide lain...

Posting Komentar untuk "Masa Depan yang Lebih Baik (Lunas Hutang)"