Support System MLM


Mas Opick beberapa waktu yang lalu menyampaikan bahwa dia lagi butuh orang yang bisa bantu dia melayani member-member dia di bisnis MLM yang sudah lama dia geluti.


"Butuh SDM yang bagaimana?" tanyaku


Dari perincian dia, aku merangkum kebutuhan semacam Business Developer.


Market sudah ada, yaitu para member MLM di jaringan dia. Tinggal siapkan produk-produk pendukung kesuksesan bisnis MLM saja. Semacam buku impian, flipchart, video motivasi, majalah, brosur, penjadwalan event, dan lain sebagainya.




Ya itu namanya support system.


Disisi lain, support sistem adalah bisnis yang sangat menggiurkan. Kalau perusahaan MLM menyediakan produk, support sistem menyediakan tool pendukung bisnis MLM tersebut. Makanya banyak yang rebutan ini bisnis. Makanya dulu waktu aku sering kasih ilmu gratis, ada support system yang ngerasa terganggu. Lalu aku diatur supaya pergi. Eh, curcol. Karena itu bahan jualan mereka.


Kenapa kok support system MLM adalah bisnis yang menggiurkan?


Dia ga perlu cari-cari orang. Pasarnya udah ada. Seluruh member MLM yang terkait yang lagi semangat-semangatnya untuk sukses dan untuk sukses dia merasa harus beli tool ini dan tool itu, ikut seminar ini dan seminar itu


Seluruh member MLM ini baru mulai jalani, belum tentu sukses udah belanja banyak dulu didepan.


Saat seorang leader sukses berbicara dan dia merayu downlinenya untuk beli tool-tool sukses dari support system. Leader dapat komisi bisa jadi. Maka support system tersebut punya banyak marketing handal, yaitu orang-orang yang sudah dianggap sukses di bisnis tersebut.


Doktrin dunia MLM memang kebanyakan sangat kuat. Kemaren yang kita tertawa bersama berjuang bersama, saat kita tidak dikapal yang sama, sering ngerasa ga kenal. Agak aneh memang.


Aku tawari saudaraku buat masuk di lowongan tersebut.

Aku suruh sholat istikarah dulu, karena ada beberapa pilihan juga.


Semoga dapat pilihan terbaik.



Posting Komentar untuk "Support System MLM"